ARTI MAAF…

Idul Fitri telah datang.. Kalo di Indonesia biasa disebut lebaran/ hari rayo/ riyoyo/ bodo dll… Waktu saya di Arab juga disebut dengan nama yang sama, yaitu Idul Fitri..

Momen Lebaran biasa digunakan untuk saling maaf-maafan…

Tapi saya heran, kenapa cuma pas lebaran kebanyak orang baru mau meminta maaf dan memaafkan… =)

Kalo saya pribadi gak akan sungkan meminta maaf karena kata “maaf” merupakan salah satu kata “ajaib” selain kata “tolong” dan kata “terima kasih”.

Bagaimana tidak, dengan kata maaf kita bisa menyenangkan orang lain meskipun kita telah berbuat salah ataupun tidak berbuat salah. Namun banyak orang menilai jika kita meminta maaf terlebih dahulu, itu akan merendahkan derajat kita dibandingkan orang yang kita minta maafnya. Kita dianggap pecundang atau memang pihak yang benar-benar bersalah dan layak minta maaf.

Bagi saya itu penilaian kampungan karena kebanyakan orang berpikir atas apa yang dianggap kebanyakan orang namun tidak berpikir atas apa yang diyakini sebagai sebuah kebenaran dan logika.

Meminta maaf akan memberi banyak manfaat diantaranya : menghilangkan rasa salah dan dosa pada diri kita, seandainya kita mau meminta maaf. Atau memberikan kelapangan hati dari rasa salah orang lain yang merasa berbuat salah pada kita. Terbina kembali silaturahmi diantara sesama manusia sehingga dapat terwujudnya ketentraman dan kedamaian dalam masyarakat.

Selain itu dengan meminta maaf dan memaafkan kita akan mendapatkan syurganya Allah SWT. Karena perintah memberi maaf kepada manusia merupakan salah satu ciri bagi orang-orang yang bertaqwa. Seperti pada firman Allah SWT QS.3:133-134

133.  Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,

134.  (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Jadi intinya melalui tulisan ini, meminta maaflah kapanpun jika berbuat salah atau anda ragu apakah perbuatan anda salah atau tidak. Karena dengan kata maaf  anda akan dipermudahkan dalam segala urusan… Percaya aja 100%..

Meraih Kata Maaf

(Dari Yahya bin Bukair dari al-Lais dari Uqail dari Ibn Syihab bahwa Muhammad bin Jubair bin Muth’im berkata bahwa ia mendengar Nabi SAW bersabda : pemutus kasih sayang tidak akan masuk surga).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s