Tahun 2006 : Riau Kawasan Konservasi Gajah ???

  Pekanbaru: Setelah tragedi matinya sembilan ekor gajah liar tangkapan pemerintah, Riau ditetapkan sebagai kawasan konservasi binatang dilindungi itu. Menteri Kehutanan M.S. Kaban menyatakan penetapan ini menunjukkan komitmen Indonesia pada lingkungan dan penyelamatan satwa liar, terutama gajah dan harimau.

“Taman Nasional Tesso Nilo menjadikan Riau sebagai kawasan konservasi gajah di Indonesia,” kata Kaban pada Malam Penggalangan Dana Yayasan Tesso Nilo di Pekanbaru.

Selain menjadi kawasan konservasi gajah, taman nasional itu diperluas dari 38.576 hektare menjadi 100 ribu hektare. Perluasan ini diharapkan mampu mempertahankan habitat spesies lainnya, termasuk menyelamatkan 80 jenis tanaman, 141 jenis burung, 50 jenis ikan, serta ratusan jenis flora dan fauna yang hidup di kawasan itu.

Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2006/06/04/06178387/Riau-Kawasan-Konservasi-Gajah
Namun, upaya meningkatkan citra Indonesia di mata dunia internasional ini disambut dengan pesimistis sejumlah lembaga swadaya masyarakat dan aktivis lingkungan di Riau. Pasalnya, perusahaan pemegang hak pengusahaan hutan masih bercokol. Ditambah kenyataan sebagian besar hutan di kawasan itu sudah dirambah dan menjadi hunian penduduk sembilan desa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s